Keseruan Rangkaian Pelatihan Digital Marketing Bersama Kampus UKM dan KemenkopUKM Halo rekan-rekan semua, beberapa hari ini saya mengikuti rangkaian pelatihan Digital Marketing guna mendapatkan sertifikasi resmi yang diadakan oleh Kampus UKM dan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM). Kampus UKM merupakan wadah dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan intensif untuk UKM baik secara daring maupun luring melalui kerjasama antara pemerintah/lembaga, akademisi, dunia usaha (pelaku UKM), komunitas/asosiasi serta media di dalam ekosistem UKM (Penthahelix). Sumber: website Kampus UKM Seperti apa rangkaian kegiatannya? Terdapat 2 hari Pelatihan (Training) dengan total 4 sesi, kemudian jika lolos kurasi dilanjutkan dengan 2 hari Bimtek/Bimbingan Teknis (Workshop) dengan total 4 sesi. Hari pertama Pelatihan/Training (24 Januari 2024), para peserta diberikan 4 materi utama yakni (1) Mengidentifikasi Elemen Pemasaran Perusahaan, (2) Menyusun Rencana Aktivitas Penjualan, (3) Menggunakan
3 Hal Wajib Dilakukan Saat Memulai Usaha Banyak cara orang lain untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarga sambil menebar manfaat di masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan berbisnis atau membangun usaha. Namun sayangnya membangun usaha tidak semudah kata-kata para motivator bisnis di luar sana. Membangun usaha butuh passion, kerja keras dan tentu saja ilmu yang mumpuni. Lalu apa saja hal-hal yang wajib diketahui dan dilakukan oleh para pemula untuk memulai bisnis atau usahanya? 1. Persiapkan nama atau merek usaha Hal yang paling awal dan sangat substansial adalah mencari nama atau merek yang sesuai dengan produk kita. Karena nama atau merek akan berpengaruh pada banyak hal, dari mulai citra perusahaan, produk, visi misi usaha hingga penetapan harga nantinya. Saat menentukan merek jangan lupa untuk mengecek ketersediaan Hak atas Kekayaan Intelektual atau HAKI di Pangkalan Data Kekakayaan Intelektual Kemkumham RI. Dikarenakan merek akan melekat seumur hidup atau sepanjang hid
Pentingnya Pelaku Usaha Mengikuti Pelatihan Sertifikasi Digital Marketing Siapa yang sudah memiliki bisnis atau usaha sendiri? Menyambung dari artikel sebelumnya, dimana saya membahas hal-hal wajib atau penting diketahui saat memulai usaha. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM bahwa saat ini terdapat 67 juta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Tentu saja kabar tersebut akan menjadi tantangan bagi para pelaku usaha yang tentunya juga akan berpengaruh pada meningkatnya persaingan diantara pelaku usaha. Lalu bagaimana seharusnya para pelaku usaha menyikapinya? Salah satunya tentu saja dengan mengamati trend perkembangan dalam industri usaha masing-masing. Selalu update dengan berita-berita terkini seputar usaha dan terkait dengan target konsumen kita. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah dengan terus memperbaharui ilmu yang beririsan dengan dunai usaha kita. Para pelaku usaha juga dapat sambil mengukuhkan ilmunya dengan mengikuti pelatihan b